Mencegah Covid-19 dengan Madu

Pandemi virus corona (Covid 19) yang terjadi saat ini cukup meresahkan masyarakat. terlebih, bagi yang daya tahan tubuh atau imunitasnya sedang menurun, rentan terhadap virus tersebut. Guna mencegah virus corona, masyarakat bisa mengkonsumsi makanan bernutrisi dan kaya vitamin

Madu merupakan salah satu satu di antara minuman yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu murni memiliki beragam nutrisi yang ada di dalamnya, seperti gula, karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, zat besi, zinc, dan kalium.

Berikut ini beberapa manfaat madu yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Madu memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit. Telah terbukti, mengonsumsi madu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Madu mampu merangsang tubuh untuk memproduksi sel-sel imunitas dan metabolisme tubuh akan menjadi lebih kuat. Madu juga memiliki fungsi sebagai melawan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh.

2. Sumber Energi

Manfaat madu selanjutnya adalah sebagai sumber energi untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Rutin mengonsumsi madu memberikan efek menjalani aktivitas lebih semangat.

Madu memiliki kandungan gula alami, yaitu fruktosa dan glukosa. Selain itu, madu juga memiliki kandungan zat besi, kalium, dan kalsium yang yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot tubuh.

3. Meredakan Batuk dan Pilek

Satu di antara gejala umum virus corona adalah, batuk kering dan sakit tenggorokan. Dengan mengonsumsi madu, dipercaya mampu meredakan gejala dari peradangan saluran pernapasan.

Madu menjadi alternatif obat ketika seseorang terjangkit flu. Madu telah terbukti meredakan batuk dan pilek serta meredakan peradangan pada saluran pernapasan.

Sifat antioksidan, antimikroba, dan antibakteri pada madu berguna untuk melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab munculnya gejala flu.

4. Membantu Penyembuhan Luka

Manfaat madu selanjutnya adalah mampu membantu penyembuhan luka bakar sedang dan luka operasi akibat infeksi. Penggunaan madu sebagai alternatif obat sangat efektif untuk mengobati luka pada kaki penderita diabetes yang memiliki risiko untuk diamputasi.

Caranya sangat mudah, setelah luka dibersihkan, oleskan madu pada area luka. Oleskan madu sebanyak 2-3 kali sehari sampai luka sembuh.

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiradang sebagai penyembuh luka. Madu juga mampu memberikan nutrisi pada jaringan di sekitar luka.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Madu memiliki segudang manfaat, satu di antaranya mampu menjaga kesehatan kulit tubuh. Penggunaan madu mampu membantu kulit menjadi lebih lembab dan menghilangkan sel kulit yang telah mati.

Selain itu, madu juga mampu mengatasi komedo, flek hitam, dan bekas jerawat. Kulit akan tampak lebih halus dan lebut dalam penggunaan madu.

Penggunaan madu secara rutin dipercaya mampu mencegah garis halus, keriput, dan penuaan dini.

Mencegah Covid-19 dengan Madu
Tagged on:                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Perlu bantuan?